Senin, 22 Juni 2020

Majas Metonimia: Pengertian, Ciri, Dan Contohnya


Majas metonimia merupakan salah satu gaya berbahasa dalam bahasa Indonesia yang sering didapatkan dalam sebuah iklan.





Tidak hanya merek jualan saja yang dipakai dalam pemakaian majas ini, ada beberapa kata yang lain juga yang sengaja diganti untuk memperindah isi dari suatu kalimat.





Biasanya, penduduk menggunakannya dikala sedang melakukan percakapan atau hendak menjelaskan suatu benda.





Pengertian Majas Metonimia





Majas metonimia berasal dari dua buah suku kata Yunani, diantaranya yaitu meto dan anoma. Meto memiliki arti “menggambarkan suatu pergantian” dan anoma mengandung arti “nama”.  





Menurut Gorys Keraf, metonimia pada dasarnya yaitu





suatu gaya bahasa yang mempergunakan kata untuk menyatakan sebuah hal lain karena memiliki pertalian yang sangat erat.





Intinya, majas metonimia menggunakan kata-kata yang berafiliasi dengan kata yang ingin disebutkan. Hal ini biasanya terjadi pada kata yang bertali atau saling berafiliasi.





Senada dengan Keraf, Altenbernd juga menyatakan bahwa metonimia pada dasarnya ialah





Penggunaan bahasa sebagai atribut sebuah objek atau penggunaan sesuatu yang sungguh bekerjasama akrab dengannya untuk mengambil alih objek tersebut.





Pada dasarnya, majas ini menjajal untuk membandingkan atau menyerupakan sebuah kata dengan kata yang lain. Tetapi, menyerupakan disini berlainan dengan majas simile ataupun majas metafora yang mungkin kalian kenal.





Contohnya yakni kalian menyebut mie goreng dengan Indomie. Padahal, Indomei ini merupakan brand dagang dari sebuah mie goreng. Tetapi, karena sungguh populer, maka Indomie dianggap sama dengan mie goreng.





Contoh yang lain yang mungkin sering kalian dengar yakni ungkapan pompa air yang tergantikan dengan kata sanyo.





Padahal, sanyo disini yaitu merek dagang dari sebuah perusahaan yang memproduksi mesin pompa air. Namun, merk ini sungguh populer sehingga kerap dijadikan kata ganti untuk pompa air.





 



Ciri Majas Metonimia





Ciri-ciri majas metonimia




Terdapat beberapa ciri yang mampu kalian pakai untuk membedakan majas metonimia dengan majas-majas yang lain. Ciri-ciri tersebut antara lain ialah





  • Di dalam gaya bahasa metonimia mempunyai tiga jenis relasi kontiguitas atau keterpautan yaitu kausal, spasial dan temporal
  • Gaya bahasa metonimia dipakai untuk menggantikan suatu nama barang atau benda dengan menggunakan kata yang lain mirip ciri khusus, merk barang, jenis dan sebagainya
  • Adanya relasi dari kata yang digunakan untuk mengubah nama suatu benda tersebut seperti brand yang sungguh menempel dengan barang tersebut




Namun, ciri lazim yang dapat kalian gunakan sebagai standar yakni bila kata yang dipakai adalah kata brand, maka mampu kalian pastikan bahwa itu yaitu majas metonimia.





 



Contoh-Contoh Majas Metonimia Serta Penjelasannya





Saat mempelajari sastra Indonesia, kalian akan memperoleh aneka macam acuan kalimat yang dipakai dalam sebuah majas.





Contoh tersebut, mampu menolong Anda untuk mempermudah mendalami pemahaman terkait majas tertentu.





Sehingga, ketika ingin mengaplikasikannya ke dalam sebuah dongeng atau puisi, penempatan majasnya sempurna dan tidak sembarang pilih.





Agar kalian lebih paham, dibawah ini kita akan membicarakan beberapa acuan penggunaan majas metonimia dalam kehidupan sehari-hari.





Minum Yakult setiap hari mampu menolong metode pencernaan bekerja dengan lancar





Yakult ialah merek dagang dari suatu minuman fermentasi yang mengandung bakteri baik.





Ada juga produk serupa yang sama-sama difermentasikan terlebih dahulu adalah yogurt, kefir, atau minuman lactobasillus lainnya.





Hanya saja, brand Yakult sudah sangat populer, sehingga siapa pun secara otomatis menyebut minuman berbakteri baik sebagai yakult.





Kalau ke pasar jangan lupa beli Kapal Api ya!





Sama mirip kalimat sebelumnya, kapal api disini bukan menjelaskan kendaraan kapal maritim yang berlayar dengan mempergunakan materi bakar solar atau kerikil arang yang dibakar.





Melainkan, merek jualan kopi yang telah sangat dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia semenjak tahun 90an.





Orang-orang sering memakai kata kapal api untuk mengambil alih kata kopi sebab memang kata kapal api sudah dianggap selaku persamaan kata dari kata kopi sachet.





Namun, bagi penduduk yang tidak senang meminum kopi khususnya mereka yang lahir di kala 2000an, kemungkinan besar mampu saja salah mengartikan maksud dari kalimat tersebut.





Contoh-contoh majas metonimia




Menjelang simpulan tahun tiket garuda mengalami kenaikan harga sampai dua kali lipat





Garuda ialah salah satu merek atau perusahaan penerbangan terkenal yang ada di Indonesia.





Akan namun, jikalau kalian tidak mengamati kalimatnya secara menyeluruh, mungkin saja garuda yang terlintas di dalam asumsi Anda yakni seekor burung.





Nyatanya, memang ada jenis burung garuda yang terkenal dengan ketangkasan dan kecepatannya dalam melayang di udara.





Olympic selalu memenangkan perhatian penduduk Indonesia





Olympic ialah salah satu perusahaan yang bergerak di industri furniture, khususnya mebel kayu. Dimana, setiap barang yang mereka jual memiliki daya tahan yang sungguh kuat walaupun harga jual di pasarannya cukup mahal.





Padahal, kata Olympic sendiri juga mampu saja diartikan sebagai sebuah ajang perlombaan olahraga atau Olimpiade yang diselenggarakan se-dunia.





Nanti tahun baru jangan lupa ke Matahari ya!





Matahari disini menjelaskan suatu merek mall yang menjual banyak sekali macam pakaian untuk segala usia. Bukan bintang di luar angkasa yang mempunyai tugas sebagai sumber energi kehidupan di muka bumi, dan sebagai sentra dari beredarnya planet-planet di tata surya.





Oleh karena itu, saat kalian memperoleh sebuah kalimat jangan tergesa-gesa menyimpulkan maknanya melainkan perhatikan dengan teliti hingga simpulan kalimat.





Setiap selesai bulan Rani selalu menyantap indomie alasannya uangnya sudah menipis





Mie instan sebetulnya aneka macam diperjual belikan ke penduduk dengan berbagai macam merek. Namun, penduduk Indonesia sungguh lekat dengan merek indomie.





Tidak hanya Indonesia saja, indomie juga sudah mulai dikenal hingga ke banyak sekali negara di seluruh dunia.





Kalimat tersebut menerangkan bahwa indomie termasuk ke dalam majas selaku pengganti dari kata mie instan. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar orang merasa abnormal dikala mengucapkan kalimat mie instan dalam sebuah percakapan.





Berbeda dikala mie instan dipakai ke dalam sebuah kalimat dalam bentuk tulisan untuk menghindari pengenalan kepada sebuah merek tertentu.





Begitu masuk ke Senayan, jadi lupa sahabat dia





Disini, senayan bukan berencana senayan selaku daerah, namun senayan yakni kantor DPR yang berada di Senayan, DKI Jakarta.





Maksud dari kalimatnya yakni, dikala seseorang telah masuk kedalam DPR atau mendapatkan jabatan tinggi, sering kali mereka melupakan temannya.





Contoh penggunaan majas metonimia




Kata marbot masjid, Sanyo nya mati sehingga dihimbau wudhu dari rumah





Maksud dari kalimat diatas yaitu, pompa air dari masjid sedang mati, sehingga jamaah shalat dihimbau untuk wudhu dari rumah saja.





Sanyo disini ialah kata ganti dari pompa air alasannya adalah lazimnya di desa-desa, mereka menggunakan pompa air bermerk Sanyo. Saking banyaknya sanyo, brand ini menjadi kata ganti dari pompa air.





Ayah sering ke kantor menggunakan Damri





Makna bekerjsama dari kalimat ini yaitu ayah sering ke kantor menggunakan bis.





Padahal, sebenarnya ayah mampu saja tidak menggunakan damri, tetapi menggunakan busway, kopaja, ataupun metro mini yang berseliweran di kota-kota besar.





Namun, damri merupakan salah satu merk pelayanan bus yang sudah sangat terkenal di masyarakat, sehingga menjadi kata ganti. Meskipun begitu, sekarang damri mulai digantikan oleh busway.





Jangan lupa pesen bluebird nya ya





Kalimat diatas tujuannya adalah jangan lupa untuk memesan taksi. Tetapi, bluebird telah menjadi merk jualan yang sangat populer, sehingga semua taksi dianggap selaku blue bird.





Padahal, banyak merk taksi lain mirip PRIMKOPAU, Express, atau Gamya yang pelayanannya juga cukup baik.





Ke warung ya dik? Nitip beli pepsodent ya!





Disini maksudnya adik dititipkan untuk membeli pasta gigi, tetapi alasannya brand pepsodent sudah mendarah daging di Indonesia, maka pasta gigi lebih sering disebut pepsodent ataupun odol.





Waduh luka ya? Sini ku kasih betadine





Betadine ialah brand produk obat merah providone iodine yang memiliki kegunaan untuk menutup dan membersihkan luka.





Karena merk ini telah sangat terkenal di penduduk dalam waktu yang usang, maka orang-orang justru tidak mengenal obat merah atau providone iodine, orang-orang malah mengenalnya selaku betadine.





Sekian klarifikasi kali ini mengenai majas metonimia. Semoga berfaedah dan jangan pernah letih untuk mempelajari hal-hal yang belum kalian pahami. Salam.



Sumber ty.com


EmoticonEmoticon