Rabu, 17 Juni 2020

Teks Autobiografi: Pengertian, Ciri, Jenis, Dan Strukturnya


Teks autobiografi yaitu riwayat hidup penulis yang ditulis oleh penulis itu sendiri. Kita sering mendapatkan teks ini berada di belakang buku atau novel.





Umumnya teks ini disusun oleh orang-orang yang relatif populer dan ingin mengabadikan dongeng hidup mereka dalam goresan pena-goresan pena yang tidak akan lekang oleh waktu.





Agar lebih mengetahui, berikut ini ialah klarifikasi tentang teks autobiografi.






Pengertian Autobiografi





Autobiografi atau kerap disebut juga sebagai otobiografi berasal dari 3 kata berbahasa Yunani adalah autos, bios, dan graphein.





Autos mempunyai arti sendiri, bios mempunyai arti hidup, sedangkan graphein mempunyai arti menulis.





Makara, autobiografi ialah tulisan yang dikarang seseorang berisi ihwal riwayat, pengalaman atau perjalanan hidupnya sendiri dari sewaktu kecil hingga dikala ini.





Autobiografi berisi perjalanan hidup seseorang yang pernah melalui banyak sekali macam keadaan. Dari kurun-masa susah, kegagalan, kesedihan, kebahagiaan pernah dilewati sampai hingga di kurun yang sekarang.





Autobiografi pada umumnya ditulis menggunakan sudut pandang orang pertama, ialah ‘saya’ atau ‘aku’. Hal ini berbeda dengan biografi yang kerap menggunakan sudut pandang orang ketiga.





Pemilihan sudut pandang orang pertama ini terjadi sebab penulis dari autobiografi memang merupakan pelaku dalam dongeng hidup tersebut.





 



Ciri-Ciri Teks Autobiografi





Ciri ciri teks autobiografi




Autobiografi memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan teks lain, termasuk teks biografi seseorang.





Ciri-ciri yang mampu kalian kenali dari suatu autobiografi yaitu selaku berikut.





  • Isi autobiografi menceritakan ihwal perjalanan hidup seseorang berdasarkan pengalaman atau ingatan dan ditulis sendiri oleh orang tersebut
  • Penulis menuangkan gosip perihal kehidupannya dari masa sukar yang pernah dilewati sampai meraih kesuksesan secara detail serta keadaan dan perasaannya secara rincian
  • Biasanya autobiografi hanya menampilkan hal-hal yang kasatmata saja dari pengalaman seseorang. Bahkan, autobiografi terkadang dibentuk untuk pencitraan seorang tokoh publik
  • Umumnya autobiografi ditulis biar perjalanan hidup penulis lebih dikenal dan dikenali oleh pembacanya. Kemudian dibutuhkan pembaca dapat memetik pesan yang tersirat dan pelajaran berguna dari pengalaman yang tertulis dalam autobiografi tersebut.




Jika sebuah teks memiliki ciri-ciri diatas, maka kalian dapat dengan percaya menyatakan bahwa itu yakni sebuah autobiografi.





 



Tujuan Autobiografi





Tujuan autobiografi




Sebuah autobiografi ditulis untuk memenuhi beberapa tujuan tertentu. Tujuan-tujuan tersebut antara lain adalah





  • Agar orang lain lebih tahu dan mengenal penulis secara lebih mendalam.
  • Memberikan pelajaran, citra serta cerita-kisah inspiratif perihal perjalanan berhasil seseorang, baik dalam bidang karir, bisnis, politik dan lain sebagainya.
  • Sebagai bahan untuk pencitraan bagi seseorang




Sebuah autobiografi tidak mesti menyanggupi semua tujuan diatas. Tetapi, pada umumnya autobiografi setidaknya memenuhi salah satu dari ketiga tujuan tersebut.





 



Manfaat Autobiografi





Manfaat teks autobiografi




Sebagai sebuah narasi yang menceritakan kisah hidup penulisnya secara detail, pastinya autobiografi mempunyai beberapa faedah.





Selain untuk pencitraan dan pengenalan diri terhadap masyarakat, teks autobiografi juga berperan selaku wadah refleksi diri dan juga untuk mengajarkan orang lain pengalaman-pengalaman hidup.





Berikut ini adalah beberapa manfaat dari suatu autobiografi





  • Sebagai refleksi untuk mengetahui kala lalu menuju masa depan yang lebih baik
  • Sebagai wahana untuk pencitraan dan penawaran spesial diri sendiri kepada masyarakat
  • Membantu menetralisir/melewatkan dan beranjak dari kejadian jelek yang pernah dilalui pada abad kemudian
  • Mengetahui tentang bagaimana langsung diri sendiri dinilai oleh orang lain serta dinilai oleh diri sendiri yang sudah lebih remaja
  • Menyadari pergeseran yang terjadi di dalam diri dari kurun ke masa sehingga mampu senantiasa menjadi orang yang lebih baik
  • Melihat dan memperbaiki kesalahan yang pernah dikerjakan di periode kemudian
  • Menjadi nilai lebih dalam hal profesionalitas serta salah satu bentuk personal branding
  • Mengajarkan pelajaran-pelajaran hidup berharga dari individu tersebut kepada orang lain




Senada dengan tujuan, suatu autobiografi tidak senantiasa menghasilkan semua manfaat yang disebutkan diatas. Jika ada yang bisa menyanggupi semuanya, maka itu ialah suatu autobiografi yang sangat jago.





Namun, teks ini setidaknya mesti memenuhi satu atau lebih dari manfaat-faedah yang telah disebutkan diatas.





 



Jenis-Jenis Autobiografi





Penulis harus bisa menghidangkan tujuan dari penulisan cerita hidupnya dengan menggunakan format yang dapat menceritakannya.





Untuk melakukan hal tersebut dengan baik dan benar, penulisnya mesti mengetahui jenis autobiografi apa yang mau ditulis. Sehingga, gaya penulisannya juga mampu diadaptasi.





Jenis-jenis Autobiografi Berdasarkan Penulisnya





Jenis autobiografi berdasarkan penulisnya




Berikut ini ialah jenis-jenis autobiografi menurut tokohnya, atau siapa yang diceritakan dalam dongeng tersebut





  • Autobiografi Fiksi
  • Autobiografi Palsi
  • Autobiografi seseorang yang tidak populer
  • Autobiografi Kritik Totalitarianisme
  • Autobiografi Sensasional




Agar kalian lebih paham jenis-jenis yang sudah disebutkan diatas, dibawah ini akan dibahas secara lebih rincian





Autobiografi Fiksi





Autobiografi fiksi bermaksud mendefinisikan novel ihwal dongeng seorang tokoh fiktif atau seorang tokoh yang sebetulnya tidak ada dalam dunia faktual.





Autobiografi dibentuk dan ditulis seolah-olah tokoh fiktif dalam novel tersebut menulis wacana riwayat hidup mereka sendiri.





 



Autobiografi Palsu





Autobiografi imitasi menggambarkan ihwal seorang penulis yang dianggap mempunyai kehidupan yang menderita. 





Penderitaan ini mampu disebabkan sebab berada di dalam suatu keluarga yang mempunyai banyak persoalan berupa kekerasan dan perilaku buruk.





Namun, mampu jadi dongeng ini tidak sepenuhnya benar dan hanya dibuat untuk mencari simpati atau memberikan pesan budpekerti tertentu kepada pembacanya.





 



Autobiografi Seseorang yang Tidak Terkenal





Autobiografi ini yakni autobiografi hasil goresan pena yang diklaim orisinil milik orang yang tidak populer. Mereka menulis sendiri autobiografi untuk disebarluaskan terhadap penduduk .





Biasanya, teks jenis ini dipakai selaku sarana branding diri sendiri dan juga upaya untuk menciptakan pribadinya menjadi lebih terkenal di penduduk lazim.





 



Autobiografi Sebagai Kritik Totalitarianisme





Autobiografi ini dibentuk oleh salah satu koran dan penentang rezim totaliter yang mempunyai kemampuan untuk menyampaikan kritik yang sangat menonjol dari suatu rezim.





Autobiografi ini berisi wacana penindasan yang telah mereka lalui yang disampaikan dalam bentuk goresan pena.





Tulisan mirip ini jarang muncul di negara demokrasi yang situasi politiknya kondusif-aman saja. Tetapi, justru akan muncul pada negara otoriter yang merepresi kebebasan beropini masyarakatnya.





 



Autobiografi Sensasional





Autobiografi sensasional berisi perihal atlet profesional modern, media selebriti, serta pada tingkat lebih rendah yaitu wacana politisi.





Autobiografi ini lazimnya berupa memoar yang dibentuk dengan pemberian penulis lain (ghostwriter) yang diterbitkan secara rutin.





 



Jenis-jenis Autobiografi Berdasarkan Kisah Hidupnya





Jenis autobiografi berdasarkan kisah hidupnya




Terdapat juga pembagian jenis-jenis autobiografi sesuai dengan dongeng hidup yang diceritakannya yang antara lain ialah





  • Autobiografi Lengkap
  • Memoar
  • Masalah Psikologis
  • Pengakuan
  • Spiritual
  • Mengatasi Kesulitan




Agar kalian lebih paham, dibawah ini akan diterangkan secara lebih rincian tentang jenis-jenis yang sudah disebutkan diatas





Autobiografi Lengkap (Tradisional)





Autobiografi ini berisi tentang klarifikasi riwayat hidup seseorang yang ditulis secara lengkap.





Riwayat hidup ditulis mulai dari kelahiran, era kanak-kanak, periode gampang, abad sampaumur, sampai dikala autobiografi dibentuk. Penulis mampu menentukan jenis autobiografi ini jika memiliki perjalanan hidup yang menawan, sangat unik, dan berlainan dari pada umumnya orang pada umumnya.





Oleh sebab itu, jenis tulisan mirip ini cocok untuk meliput kehidupan orang-orang yang sangat populer, inspiratif, atau memiliki kisah hidup yang menawan.





 



Memoar





Memoar atau memoir ialah autobiografi yang ditulis pada abad tertentu saja. Pembuatan memoar bisa berdasarkan waktu, tempat, filosofis, pekerjaan, dan lain sebagainya.





Memoar pantas untuk disebarluaskan karena ialah citra tentang perjalanan hidup seseorang yang menonjolkan bagian tertentu selaku pengalaman berguna.





 



Masalah Psikologis





Sebagian orang yang mengalami problem mental seringkali perlu untuk memberikan isi anggapan mereka lewat tulisan. Hal ini akan menciptakan perasaan mereka lebih baik dan mampu berguna.





 



Pengakuan





Autobiografi jenis ini berisi perihal akreditasi seseorang yang sudah melaksanakan tindakan yang sungguh salah.





Sebagian orang merasa akan mampu memperbaiki diri setelah membagikan kisah pengakuannya kepada orang lain. Selain itu, penulis juga mengharapkan semoga orang-orang yang membaca kisahnya mampu berguru dari kesalahan.





 



Spiritual





Autobiografi jenis ini berisi ihwal dongeng spiritual dan keagamaan. Meski sifatnya eksklusif, penulis merasa bahwa membagikan dongeng spiritual merupakan suatu kehormatan.





Selain itu, autobiografi jenis ini mampu dipakai untuk mengembangkan kehidupan rohani pembaca atau bahkan mempesona orang lain biar mau menerima iktikad penulis.





 



Mengatasi Kesulitan





Jenis autobiografi ini berisi tentang kisah penulis melalui perjalanan hidup yang tidak mengenakkan.





Dengan membagikan dongeng ini dibutuhkan pembaca dapat terinspirasi sekaligus menolong orang tersebut menangani kesusahan dengan mengekspresikan emosinya yang mendalam.





 



Struktur Autobiografi





Struktur teks autobiografi




Penulisan sebuah teks autobiografi umumnya mengikuti struktur-struktur tertentu yang sudah diputuskan. Hal ini bertujuan supaya pembaca dapat dengan gampang memahami kisah yang diceritakan.





Berikut ini ialah struktur yang biasanya digunakan oleh para penulis





  • Latar belakang keluarga
  • Latar belakang pendidikan
  • Latar belakang prestasi
  • Latar belakang pekerjaan
  • Latar belakang karya




Agar kalian lebih paham, dibawah ini akan dibahas secara lebih rincian tiap-tiap struktur yang telah disebutkan diatas





Latar Belakang Keluarga





Bagian ini menampung klarifikasi perihal anggota atau bab dari keluarga penulis. Diantaranya seperti orang tua (ayah dan ibu), kawasan dan tanggal lahir, daerah tinggal, suami atau istri serta seseorang yang merupakan urutan anak ke berapa.





Selain itu, dijelaskan juga tentang seperti apa riwayat keluarganya serta keadaan-kondisi yang ada di keluarga mereka.





Bagian ini penting untuk memperlihatkan konteks mengapa tokoh utamanya memiliki sifat ataupun pola pikir seperi yang diceritakan. Karena, aspek keluarga umumnya berperan besar disini.





 



Latar Belakang Pendidikan





Struktur ini berisi tentang riwayat pendidikan yang sudah diraih oleh tokoh yang diceritakan. Umumnya memuat tahun dan nama sekolah yang ditulis ke dalam paragraf gres.





Terkadang, bagian ini juga menjelaskan perihal konteks pendidikan yang ditempuh. Misalnya, memasuki sekolah favorit, sekolah yang jelek, atau sejenisnya.





 



Latar Belakang Prestasi





Struktur ini berisi tentang semua prestasi yang telah ditemukan penulis sejak masih kanak-kanak sampai saat ini.





Disini, prestasi dapat berupa prestasi akademik mirip kontes dan persaingan, ataupun non-akademik seperti olahraga, organisasi, dan komunitas.





Hal ini sangat penting untuk mengakibatkan kebanggaan serta memperlihatkan kedigdayaan tokoh yang diceritakan tersebut. Dengan bab ini, pembaca mampu terinspirasi dan juga merasa bahwa tokohnya hebat.





Umumnya, autobiografi yang memang didesain sebagai wahana pencitraan dan personal branding akan banyak membahas perihal prestasi ini.





 



Latar Belakang Pekerjaan





Di dalam struktur ini, diterangkan apakah penulis sedang mencari pekerjaan atau sudah bekerja.





Selain itu juga mampu dituliskan perihal riwayat pekerjaan yang pernah dijalankan. Kadang, disertakan pula gosip perihal berapa usang beliau bekerja di tempat tersebut serta peran dan kontribusinya kepada perusahaan.





Namun, struktur ini tidak mesti dicantumkan bila penulis ialah seorang pelajar.





 



Latar Belakang Hasil Karya





Struktur ini nyaris senantiasa ada dalam sebuah autobiografi dari orang-orang mahir ataupun yang cukup populer. Hal ini terjadi alasannya adalah keterkenalan mereka biasanya adalah hasil dari karya-karya mereka.





Oleh alasannya itu, telah pasti karya-karyanya mesti diceritakan, terutama yang berperan besar dalam masyarakat dan mensugesti hidup masyarakat.





Seperti bagian prestasi, bagian ini juga umumnya ditonjolkan saat seseorang menulis sebagai wahana pencitraan dan branding.





Namun, bab ini juga sering ditonjolkan meski bukan ditujukan untuk branding dan pencitraan. Terutama bagi karya-karya yang memberi inspirasi mirip Bill Gates, Soichiro Honda, ataupun Isaac Newton.





 



Kaidah Kebahasaan Autobiografi





Kaidah kebahasaan teks autobiografi




Secara biasa , suatu teks autobiografi memiliki beberapa kaidah-kaidah kebahasaan yang disertai oleh para penulisnya. Kaidah kebahasaan tersebut antara lain yakni penggunaan





  • Kata Hubung atau Penghubung yang berfungsi sebagai penyambung sebuah kata dengan kata yang lain
  • Kata Kerja yang berfungsi untuk menerangkan sebuah hal (kerja) yang dilakukan oleh tokoh
  • Rujukan Kata yang berfungsi untuk merujuk pada sebuah kata yang udah diungkapkan sebelumnya
  • Keterangan Waktu yang berfungsi menawarkan peristiwa, waktu dan daerah yang dialami oleh tokoh-tokoh dalam dongeng tersebut




Penggunaan kaidah-kaidah kebahasaan ini bertujuan biar pembaca mampu dengan lebih gampang mengetahui konteks dan kisah yang penulis coba ceritakan.





 



Cara Membuat Teks Autobiografi





Secara lazim, cara menciptakan teks autobiografi tidak jauh berbeda dengan pengerjaan karya-karya sastra tulis lainnya. Namun, yang membedakan yakni ada ciri-ciri serta kaidah kebahasaan yang telah diterangkan diatas.





Namun, ada urutan yang kerap dipakai oleh para penulis untuk membuat lebih mudah pembuatan teks jenis ini. Urutan tersebut antara lain yaitu





  • Menuliskan garis besar dari cerita hidup kalian
  • Menentukan tujuan penulisannya
  • Mengumpulkan dan mengingat-ingat data serta gosip yang dibutuhkan sesuai dengan garis besar yang telah dituliskan
  • Menuliskan pengalaman dan dongeng hidup kalian dengan konteks bercerita untuk menyampaikan pengalaman dan pelajaran
  • Merapihkan serta memperinci bab-bagian yang dirasa masih kurang lengkap
  • Melakukan proses editorial dan memperoleh kesalahan pengejaan serta kesalahan penulisan yang lain




Setelah melewati tahap-tahap diatas, maka karya sastra pengalaman hidup kalian siap untuk diterbitkan dan dicetak oleh rumah-rumah percetakan yang ada.





 



Contoh Autobiografi





Contoh Teks Autobiografi




Dibawah ini akan diberikan sebuah acuan autobiografi singkat dari seseorang yang kurang populer, yaitu seorang pelajar.





Namun, teks ini jauh berlawanan dengan yang ditulis untuk orang-orang mahir seperti Steve Jobs atau Henry Ford yang bisa meraih ratusan halaman dan menceritakan semua prestasi, karya, dan sepak terjang kehidupannya yang panjang.





Namaku Hardian, saya lahir di kota Solo, pada tanggal 20 Januari tahun 1992. Aku ialah anak pertama dari 10 bersaudara, dari pasangan Hari dan Soimah.





Sejak kecil, aku sering dipanggil dengan nama panggilan Hardi ataupun Har oleh teman-temanku. Tetapi, panggilan sayang dari keluargaku adalah Ian.





Keluarga ku sangat sederhana dan hidup kami pun pas-pasan. Ayahku berkerja sebagai supir truk antar provinsi, sedangkan ibu ku melakukan pekerjaan selaku pedagang kudapan keliling di kota Solo.





Semenjak kecil, kedua orang tuaku selalu berpesan biar bersungguh-sungguh beribadah, bersikap baik, dan menaati hukum-hukum yang ada.





Uniknya, walaupun kedua orang tuaku tidak memiliki pendidikan yang tinggi, mereka mendorong aku dan adik-adikku untuk terus mencar ilmu dan mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.





Harapannya yakni semoga kami tidak terperosok kedalam jurang yang serupa dengan orang tua kami. Sehingga, bawah umur kami nantinya dapat menghidupi kehidupan yang lebih baik.





Ketika usia ku sudah menginjak 6 tahun, saya mulai bersekolah di Sekolah Dasar Negeri Mangkuyudan, setelah lulus, saya melanjutkan pendidikan ku di SMPN 5 Surakarta.





Selulusnya dari SMP, saya tidak mampu bersekolah lagi sebab uang orang tuaku telah habis sehingga saya terpaksa menolong melakukan pekerjaan . Aku pun menjadi tukang besi bekas yang menghimpun besi-besi bekas di sekitar kota Solo.





Namun, saya tidak pernah lupa pesan orang renta ku, untuk senantiasa mencar ilmu dan menggapai pendidikan. Aku memaknai bahwa pendidikan tidak senantiasa harus dalam bentuk formal sekolah namun mampu didapatkan darimana saja.





Oleh sebab itu, aku bertekad mempelajari bisnis besi bau tanah dan pengolahan besi dari daerah kerja ku. Untungnya, bos ku ketika itu, pak Jiman sangatlah ramah dan mau berbagi ilmunya.





Seiring dengan berjalannya waktu, aku pun menabung dari penghasilan ku kerja dengan pak Jiman untuk membuka usaha besi tua ku sendiri dan membantu mensejahterakan keluarga ku.





Akhirnya, pada tahun 2019, aku berhasil membuka perjuangan besi tua ku sendiri, yaitu CV. Hardi Utama. Sekarang, aku pun sudah mempunyai banyak karyawan dan mampu menolong adik-adik ku bersekolah.





Bahkan, kedua adik ku yang paling tua kini sudah masuk ke salah satu universitas favorit di Indonesia.





Jangan berkecil hati bila kalian tidak mempunyai pendidikan tinggi, yang penting yaitu kalian terus mencar ilmu dan terus berusaha untuk menggapai kehidupan yang lebih baik.





Demikian klarifikasi perihal teks autobiografi. Setelah mengetahui berbagai hal di atas, biar kamu sudah bisa mengerti wacana autobiografi.



Sumber ty.com


EmoticonEmoticon