Jumat, 19 Juni 2020

Fasilitas Dan Prasarana: Pemahaman Dan Perbedaannya


Walaupun fasilitas dan prasarana ialah sebuah perumpamaan yang telah tidak abnormal di pendengaran, tidak banyak yang tahu akan perbedaan sarana dan prasarana.





Sebagian besar khalayak menilai fasilitas dan prasarana yakni sama, dimana fasilitas dan prasarana berbentuksatu kesatuan yang saling berkaitan dan sebagai bentuk akomodasi dalam suatu aktivitas atau proses.





Memang pernyataan tersebut tidak salah, tetapi juga tidak sepenuhnya benar alasannya fasilitas dan prasarana mempunyai definisi, sifat, bentuk, dan fungsi yang berbeda.





Jika ditelaah lebih jauh, fasilitas dan prasarana mempunyai cukup banyak perbedaan.





Oleh karena itu, lewat artikel ini, akan dibahas lebih detil mengenai apa definisi fasilitas dan prasarana, serta perbedaannya yang dilihat dari berbagai sisi. Selamat membaca.






Pengertian Sarana dan Prasarana





Sebelum beranjak lebih jauh, ada baiknya kita menjajal untuk mengetahui perbedaan antara kedua ungkapan ini.





Keduanya sama-sama digunakan dalam penyusunan rencana pembangunan dan penyediaan fasilitas publik, tetapi, dua ungkapan ini merujuk pada hal yang berlawanan.





Pengertian Sarana





Sarana merupakan suatu alat atau benda yang mampu berperan secara pribadi untuk pencapaian tujuan tertentu.





Disini, istilah sarana mengacu pada alat mampu bergerak atau dipindahkan yang dipakai dalam sebuah kegiatan atau proses.





Contohnya, dalam kegiatan berguru-mengajar di sekolah dibutuhkan fasilitas berbentukmeja, kursi, papan tulis, dan lain sebagainya.





Di dalam KBBI sendiri, sarana didefinisikan sebagai





segala sesuatu yang bisa untuk dipakai menjadi alat di dalam mencapai tujuan atau maksud.





Oleh sebab itu, dapat kita simpulkan bahwa fasilitas yakni sesuatu yang menjadi alat ataupun kendaraan yang mendukung suatu proses.





 



Pengertian Prasarana





Prasarana ialah suatu akomodasi yang mampu menunjang pelaksanaan suatu proses ataupun kegiatan.





Prasarana mengacu pada alat yang tidak bergerak dan bersifat menetap atau tidak dapat dipindahkan, mirip gedung kantor, ruang kelas, gedung konferensi, tanah lapang, dan lain sebagainya.





Definisi prasarana dalam KBBI ialah





segala sesuatu yang ialah penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek).





Oleh alasannya adalah itu, mampu kita pahami bahwa prasarana yaitu infrastruktur dasar dimana sarana-sarana tersebut ada untuk menyanggupi fungsinya masing-masing.





Lalu, apa arti dari sarana dan prasarana menurut para ahli?





Menurut Hamalik, fasilitas prasarana ini ialah





keseluruhan bentuk mediator, di mana dipakai orang dalam membuatkan pandangan baru. Dengan begitu pandangan baru tersebut pun akan mampu sampai ke penerima.





Selain itu, ada pula definisi yang dikemukakan oleh Moenir. Beliau menyatakan bahwa sebuah sarana intinya ialah





Segala jenis perlengkapan, peralatan kerja.





Sementara itu, untuk prasarana, Moenir berpendapat bahwa mereka adalah





Fasilitas yang berkhasiat untuk alat utama ataupun pembantu di dalam melaksanakan sebuah pekerjaan. Juga untuk kepentingan organisasi kerja.





Kurang lebih, definisi Moenir dan yang telah dijelaskan diataslah yang kerap digunakan selaku pola dikala mempersiapkan fasilitas publik dan membangun suatu lingkungan.





 



Tujuan Sarana dan Prasarana





Jembatan adalah salah satu contoh dari prasarana transportasi




Dalam ruang lingkup penggunaannya, fasilitas memiliki manfaat yang berbeda dengan prasarana. Meski begitu, sarana dan prasarana memiliki tujuan yang serupa.





Secara umum, tujuan sarana dan prasarana dibuat biar terselenggaranya suatu aktivitas atau proses yang kondusif dan sesuai yang dibutuhkan.





Di bawah ini ialah tujuan dari dibangunnya prasarana dan disediakannya fasilitas





  • Meningkatkan produktivitas penduduk
  • Memungkinkan terlaksananya acara-acara tertentu
  • Memperbaiki mutu hidup penduduk
  • Memungkinkan terlaksananya kegiatan secara lebih efisien
  • Menimbulkan ketentraman bagi pengguna dan pelaksana acara
  • Menciptakan kepuasan bagi pengguna dan pelaksana kegiatan




Secara biasa , mampu kita simpulkan bahwa fasilitas dan prasarana membantu kita untuk melaksanakan kehidupan sehari-hari kita, mulai dari kehidupan sosial hingga kehidupan ekonomi kita.





Sarana dan prasarana juga berperan penting dalam memungkinkan manusia untuk memenuhi keperluan dasar dan keperluan sekunder serta tersiernya.





 



Perbedaan Sarana dan Prasarana





Kereta adalah salah satu contoh sarana transportasi




Meski terdengar mirip, prasarana mempunyai makna yang berbeda dengan fasilitas . Akan namun, keduanya saling berkaitan dekat dalam pencapaian tujuan atau makna tertentu.





Bagaikan dua sejoli, sarana dan prasarana selalu hadir beriringan di nyaris semua kegiatan manusia dan pembangunan yang mengiringinya.





Sarana dan prasarana mempunyai perbedaan dari berbagai sisi. Perbedaan itu, antara lain





  • perbedaan bentuk
  • kepemilikan
  • fungsi
  • pembiayaan pengadaan




Agar kalian lebih paham, kita akan diskusikan secara lebih rinci perbedaan-perbedaan tersebut dibawah ini





Berdasarkan Bentuk





Dilihat dari bentuknya, fasilitas lazimnya mempunyai ukuran atau dimensi yang lebih kecil ketimbang prasarana.





Ukuran yang kecil menimbulkan fasilitas lebih mudah dipindah-pindahkan dan dapat dibawa dengan gampang. Contohnya adalah mobil, motor, dan juga sepeda.





Sedangkan, ukuran dari prasarana umumnya besar dan tidak mampu dipindah-pindahkan. Hal ini terjadi alasannya prasarana bersifat menetap di suatu tempat atau lokasi tertentu.





Contohnya yaitu jalan tol, rel kereta, ataupun stasiun pengisian bahan bakar.





Oleh alasannya adalah itu, jauh lebih mudah untuk memindahkan fasilitas -fasilitas ketimbang memindahkan prasarana untuk melayani suatu golongan penduduk .





 



Berdasarkan Kepemilikan





Tidak semua pihak mampu memiliki prasarana pribadi. Umumnya prasarana dimiliki oleh institusi, mirip institusi pemerintah ataupun institusi swasta.





Hal ini terjadi alasannya prasarana biasanya memiliki ongkos pengadaan yang sungguh besar sehingga tidak dapat dimiliki ataupun dibangun oleh siapa pun.





Contohnya ialah jaringan pipa gas, pelabuhan, bandara, ataupun terminal bis dan kereta commuter dalam kota.





Sedangkan, sarana mampu dimiliki oleh semua pihak, baik oleh institusi, maupun perseorangan. Meskipun begitu, ada pula sarana-fasilitas yang sulit dimiliki oleh perseorangan sebab harganya yang sangat tidak murah.





Contohnya yaitu kapal pesiar, kereta, ataupun pesawat melayang yang bukan merupakan jet langsung.





 



Berdasarkan Fungsi





Lampu jalan adalah salah satu contoh prasarana publik penerangan jalan




Berdasarkan fungsinya, sarana mampu berfungsi secara langsung terhadap acara tertentu karena fasilitas merupakan alat utama. Dengan kata lain, sebuah acara tidak mampu terealisasi tanpa adanya fasilitas .





Sebaliknya, prasarana hanya selaku penunjang. Maksud kata pendukung disini yakni fungsi prasarana yang tidak secara pribadi dapat berperan, meski tetap dibutuhkan keberadaannya.





Contohnya adalah kalian ingin melakukan perjalanan bahari, tidak mungkin kalau tidak menggunakan kapal bukan? Tetapi, sangat susah juga bagi kalian untuk mengakses kapal, bila tidak dibantu oleh prasarana pelabuhan.





Ketidakadaan pelabuhan juga mempersulit kapal dalam berpergian dan melayani penumpang karena mesti melakukan pengisian bahan bakar, materi kuliner, serta menurunkan dan mengoptimalkan penumpang di tengah bahari.





 



Berdasarkan Pembiayaan Pengadaan





Dalam pengadaan fasilitas dan prasarana, tentu diperlukan ongkos yang beraneka ragam bergantung dari jenis, mutu, dan fungsinya.





Hal tersebut bergantung pada nilai dan fungsi dari barang tersebut. Umumnya, untuk pengadaan fasilitas ongkos yang dibutuhkan lebih kecil ketimbang prasarana.





Pengadaan prasarana ditentukan memerlukan biaya yang tidak sedikit karena pembangunan prasarana akan menghabiskan waktu yang cukup lama dalam proses pembangunannya.





Oleh alasannya itu, sering kali pembangunan prasarana melibatkan hutang, pengajuan obligasi, dan denah-bagan pembiayaan pembangunan kreatif lainnya mirip public private partnership atau PPP.





Bagaimana, telah jelas bukan perbedaan antara sarana dan juga prasarana?





PerbedaanSaranaPrasarana
BentukLebih kecil, gampang dipindahkanLebih besar, bersifat menetap
KepemilikanPerseorangan, swasta, dan pemerintahSwasta dan pemerintah
FungsiAlat utamaSebagai penunjang
Pembiayaan PengadaanBiaya pengadaan lebih kecilMembutuhkan ongkos yang besar
Tabel Perbedaan antara Sarana dan Prasarana




Lain kali, jika kalian gundah apa yang menjadi perbedaan utama antara sarana dan prasarana, ingat-ingat saja tabel diatas.





 



Contoh Sarana dan Prasarana





Contoh fasilitas dan prasarana sungguh gampang dijumpai di sekeliling kita dan di kehidupan sehari-hari. Tanpa disadari, kita sering menjadi pengguna sarana dan prasarana.





Sekarang, kita akan menjajal untuk membicarakan secara lebih rinci, fasilitas dan prasarana yang ada pada kehidupan kita sehari-hari dengan pola-contoh masalah spesifik semoga kalian gampang memahaminya.





Kegiatan Belajar-Mengajar di Sekolah





Sarana dan prasarana dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah




Kegiatan mencar ilmu mengajar di sekolah pastinya melibatkan sarana dan prasarana yang memiliki kegunaan untuk mendukung acara ini dan memudahkan para guru mengajar siswa-siswi nya.





Sarana : meja, kursi, papan tulis, alat peraga, bola, rompi olah raga, proyektor, komputer, spidol, dan sebagainya.





Prasarana : gedung sekolah, ruang kelas, ruang guru, lapangan olahraga, laboratorium, jaringan listrik sekolah, jaringan internet sekolah, dan sebagainya.





Kaprikornus, dapat kita simpulkan bahwa fasilitas dalam kegiatan berguru mengajar ialah alat-alat yang dipakai dalam kegiatan tersebut. Sedangkan, prasarananya ialah kawasan dilaksanakannya acara tersebut serta penunjang-penunjang lain.





 



Bekerja di Kantor





Bekerja di kantor juga tentunya memerlukan sarana dan prasarana pendukung semoga mampu dilakukan dengan efektif dan efisien. Berikut ini yakni fasilitas-fasilitas yang diharapkan ketika melakukan pekerjaan di kantor





Sarana : meja, bangku, komputer, proyektor, printer, scanner, mesin fotokopi, dan lain sebagainya.





Prasarana : gedung kantor, ruang meeting, hall, gudang, dan lain sebagainya.





Berdasarkan pemaparan diatas, kita mampu menawan kesimpulan bahwa fasilitas penunjang kegiatan kantor yaitu alat-alat yang diharapkan dalam melakukan sesuatu di kantor.





Sedangkan, prasarananya yaitu daerah-daerah dilaksanakannya acara tersebut serta jaringan-jaringan yang mendukungnya.





 



Kegiatan Jual-Beli di Pasar





Sarana dan prasarana dalam kegiatan jual beli di Pasar




Proses transaksi dan jual beli di pasar juga pastinya memerlukan sarana dan prasarana tertentu untuk mendukungnya. Sarana dan prasarana yang diharapkan antara lain yakni





Sarana : troli, mesin kasir, keranjang, dan lain sebagainya.





Prasarana : gedung pertokoan, toilet biasa , ruang menyusui, pos keselamatan, dan lain sebagainya





Tanpa adanya fasilitas dan prasarana tersebut, maka akan sangat sulit bagi pembeli untuk membeli barang dan penjual untuk menjual dagangannya di pasar.





 



Pelayanan Medis di Rumah Sakit





Kegiatan pelayanan kesehatan di rumah sakit juga memerlukan sarana dan prasarana kesehatan yang mendukung. Beberapa fasilitas dan prasarana yang diharapkan antara lain adalah





Sarana : dingklik roda, alat medis, ambulance, kasur pasien, genset, dan sebagainya.





Prasarana : gedung rumah sakit, ruang perawatan, ruang periksa, ruang operasi, dan lain-lain.





Oleh alasannya adalah itu, dapat kita simpulkan bahwa pelayanan medis di rumah sakit memerlukan dukungan dari banyak fasilitas dan prasana agar mampu terlaksana dengan baik.





 



Berlibur Menggunakan Kapal Pesiar





Sarana dan prasarana dalam liburan kapal pesiar




Kegiatan berlibur menggunakan kapal pesiar pastinya memerlukan sumbangan dari sarana dan prasarana agar dapat terlaksana dengan baik. Berikut ini adalah beberapa sarana dan prasarana yang dipakai dalam mendukung kegiatan berlibur.





Sarana : Kapal laut, alat-alat dapur, GPS kapal, piranti kapal, dan sebagainya





Prasarana : Dermaga kapal, akomodasi pengisian bahan bakar lepas pantai, kantor imigrasi bahari, pelabuhan, resort pantai, fasilitas perbaikan kapal, dan sebagainya





Seperti yang sudah kita pelajari diatas, aktivitas berlibur menggunakan kapal pesiar tentu saja tidak mungkin terjadi tanpa difasilitasi oleh fasilitas dan prasarana pendukungnya.





 



Cara Pemeliharaan Sarana dan Prasarana





Perlu diketahui bahwa sarana dan prasarana perlu dijaga dan dirawat semoga tetap terpelihara fungsi, keindahan, dan kenyamanannya.





Hal tersebut bermaksud agar sarana dan prasarana mampu dipakai dalam jangka waktu yang panjang (kekal), tidak susut, tidak rusak, dan tetap kondusif dan tenteram saat digunakan.





Berikut ini adalah beberapa cara-cara yang sering ditempuh oleh pemilik dan pengelola fasilitas -prasarana untuk mem





  • Membersihkan secara rutin
  • Memeriksa fungsi alat secara terjadwal
  • Memastikan keselamatan tiap-tiap fasilitas dan prasarana masih sesuai standar
  • Untuk perlengkapan yang kecil, disimpan dalam kawasan penyimpanan yang tepat dan kondusif
  • Menyimpan sarana atau meninggalkan prasarana dalam keadaan higienis
  • Hindari tempat yang lembab dan yang terpapar sinar matahari langsung
  • Memastikan sarana dan prasarana dipakai sesuai dengan fungsi dan ketentuan-ketentuan yang berlaku




Demikian pembahasan tentang perbedaan sarana dan prasarana, mulai dari definisi, tujuan,  teladan, hingga cara pemeliharaannya. Semoga mampu memperbesar pengetahuan dan berfaedah



Sumber ty.com


EmoticonEmoticon