Jumat, 12 Juni 2020

Teks Eksemplum: Pengertian, Ciri, Struktur, Dan Misalnya


Teks eksemplum merupakan salah satu jenis teks yang sering dipakai oleh penulis-penulis kawakan ketika menulis dongeng dan karya-karya sastra mereka.





Oleh alasannya itu, kita mesti memahami pemahaman serta penggunaan dari jenis teks satu ini.





Pada postingan ini, kita akan membicarakan tentang pemahaman dari teks eksemplum, ciri-cirinya, kaidah kebahasaannya, strukturnya, sampai pola-contohnya.






Pengertian Teks Eksemplum





Teks eksemplum merupakan teks kisah yang menyampaikan perilaku atau tokoh tertentu di dalam suatu dongeng.





Sebuah kisah biasanya diawali dengan pengenalan setiap tokoh, setelahnya membicarakan kejadian demi peristiwa yang dialami oleh tokoh tersebut.





Cerita berikutnya diakhiri dengan interpretasi dari tokoh yang ada untuk disampaikan kepada pembaca.





Teks eksemplum ialah karya sastra yang juga menerangkan pengalaman hidup yang dilalui seseorang, atau tokoh yang ada dalam kisah tersebut.





Harapannya, kejadian yang dialami pada karenanya dapat memberi nasihat kepada pembaca, agar tidak terjadi kesalahan yang sama di kemudian hari.





 



Ciri-Ciri Teks Eksemplum





Ciri-ciri teks eksemplum




Teks eksemplum memiliki beberapa perbedaan jikalau daripada teks-teks lain seperti teks naratif, teks eksposisi, ataupun teks ulasan.





Berikut ini yakni ciri-ciri yang dapat kalian pakai untuk mengidentifikasi suatu teks eksemplum





  • Berisi suatu peristiwa yang tidak dikehendaki tokoh
  • Mempunyai nuansa atau penulisan naratif
  • Umumnya menceritakan tentang pengalaman langsung seseorang atau tokoh
  • Memiliki pergantian sikap pada tokoh biar tidak melaksanakan kesalahan yang serupa nantinya
  • Memperlihatkan urutan insiden atau peristiwa yang terang




Jika suatu teks mempunyai ciri-ciri diatas, maka kalian dapat dengan yakin menyatakan bahwa itu ialah sebuah teks eksemplum.





Sebuah teks tidak mesti menyanggupi semua ciri diatas supaya dapat dianggap selaku teks eksemplum. Namun, bertambah banyak ciri yang sesuai, maka makin ideal teks eksemplum tersebut.





 



Struktur Teks Eksemplum





Struktur teks eksemplum




Umumnya, sebuah teks eksemplum ditulis memakai struktur penulisan tertentu. Hal ini bermaksud untuk memudahkan para pembaca memahami apa yang sedang diceritakan.





Selain itu, struktur ini juga membantu menunjukkan tutorial atau guidelines bagi para penulis dalam menceritakan kisahnya.





Berikut ini adalah struktur yang kerap ditemukan dalam suatu teks eksemplum





  1. Abstrak yang ialah inti dari insiden berfungsi selaku pengantar yang menginterpretasikan kejadian yang bakal disampaikan.
  2. Orientasi ialah bagian permulaan teks eksemplum yang intinya berisi perihal pengenalan setiap tokoh dan latar-latar ceritanya
  3. Insiden ialah bab yang menjelaskan setiap peristiwa yang dilakoni oleh karakter tersebut. Biasanya tokoh menerima konflik tertentu kemudian dihadapkan pada persoalan yang mesti teratasi
  4. Interpretasi yakni bagian yang menerangkan tentang pesan budpekerti, evaluasi termasuk akhir yang mungkin timbul sebab langkah-langkah tokoh tersebut. Interpretasi ini untuk dimengerti, serupa dengan noda dalam struktur teks pada anekdot
  5. Koda ialah bab epilog dalam cerita




Sebuah teks eksemplum tidak mesti senantiasa mengikuti struktur yang sudah disebutkan diatas. Tetapi, hampir semua teks eksemplum yang ditulis dengan benar mengikuti struktur tersebut.





Oleh sebab itu, jikalau ada yang strukturnya berlainan, jangan terlalu cepat menyimpulkan bahwa itu bukan merupakan sebuah teks eksemplum!





 



Kaidah Kebahasaan Teks Eksemplum





Kaidah kebahasaan teks eksemplum




Dalam menulis sebuah teks eksemplum, terdapat beberapa bagian kebahasaan yang kerap dijadikan sebagai acuan penulisan.





Kaidah-kaidah kebahasaan tersebut antara lain ialah





  • Menggunakan kalimat yang kompleks atau kalimat beragam
  • Menggunakan kalimat konjungsi atau kata penghubung.
  • Menggunakan kata acuan
  • Menggunakan kata kerja
  • Terdapat Frasa




Penggunaan kaidah kebahasaan ini berperan untuk menolong penulis dalam menjelaskan ceritanya serta pembaca dalam mengerti dongeng yang dituliskan.





Karakteristik Teks Eksemplum





Karakteristik umum dari suatu teks eksemplum yaitu berisi tentang suatu insiden yang intinya tidak sering terjadi.





Selanjutnya, peristiwa tersebut akan membuat tokoh atau abjad di dalamnya merasa menyesal akan kejadian tersebut.





Penulis di dalam dongeng akan tampil pada bab interpretasi serta koda. Karakteristik terakhir adalah menjadikan pelajaran terhadap siapapun yang membaca cerita tersebut.





 



Contoh Teks Eksemplum





Agar kalian lebih paham mengenai teks eksemplum, berikut ini adalah contoh-acuan penulisan teks eksemplum dalam penulisan karya-karya sastra sehari-hari.





Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya





Contoh teks eksemplum




Sekarang, kita akan coba untuk membahas suatu teks eksemplum dengan memisahkannya sesuai dengan struktur umum yang dijelaskan diatas.





Orientasi





Pada suatu hutan belantara, diceritakan perihal sekelompok burung pipit yang hidup di sana. Salah satu burung pipit tersebut berjulukan Dira, Ia tinggal dengan sekelompok hewan lainnya dalam satu tempat.





Dira dikenal selaku burung pipit yang gemar menyendiri dan arogan, karena merasa Ia yang paling benar dan berpengaruh di antara sekawanan hewan yang lain.





 



Insiden





Hingga pada sebuah waktu, sekawanan burung tengah membuat sarang yang berasal dari tumpukan jerami. Mereka menciptakan sarang dengan telaten dan tabah, sampai menciptakan sarang yang rapi, kokoh dan nyaman.





Beda halnya dengan Dira yang menentukan membuat sarang dari pecahan kertas warna-warni. Tujuannya, supaya menciptakan sarangnya tampak indah jika dibanding dengan kawanan burung yang lain.





Bahkan, Ia tidak memperhatikan bagaimana seharusnya sarang itu dibuat semoga mampu bertahan dan kuat untuk waktu yang lama.





Di sebelah Dira ada burung berjulukan Beti, sifatnya rendah hari juga dermawan. Sifatnya pun sangat berbanding terbalik dengan Dira yang angkuh.





Dira selanjutnya mengejek Beti alasannya mempunyai sarang yang membosankan, dan hanya yang dibuat dari jerami. Ia lalu membandingkan dengan sarang miliknya meski Beti memilih membisu dan tak menggubrisnya.





Hingga saat kedua sarang tersebut akhir dibuat, hujan turun sangat deras dan semua burung menentukan masuk ke sarangnya. Karena sarang yang dimiliki Dira yang dibuat dari kertas, Ia pun basah kuyup dan kedinginan.





Melihat dira yang kedinginan, Beti segera mengisyaratkan terhadap Dira biar berlindung di sarangnya.





 



Interpretasi





Dira balasannya menyadari bahwa ia tidak senantiasa benar dan sobat-temannya tidak senantiasa lebih kurang pandai darinya.





Sifatnya yang angkuh dan senantiasa merasa paling benar sudah menjadikannya basah kuyup di ketika hujan deras. Selain itu, sarang yang telah ia buat dengan susah payah pun hancur lebur.





Dira pun menyadari hal tersebut dan meminta maaf kepada Beti serta sahabat-temannya. Sejak saat itu, Dira tak lagi arogan, Ia dengan bahagia hati membantu dan menyimak rekomendasi dari orang lain.





 



Contoh Abstrak dalam Teks Eksemplum





Abstrak dalam teks eksemplum




Berikut ini yakni pola dari penulisan abstrak dalam suatu teks eksemplum.





Berlibur di Pulau Bali





Waktu itu sekitar tujuh tahun yang kemudian, dikala aku dan rekan yang lain sedang berlibur di Pulau Bal. Setidaknya selama seminggu kami menghabiskan waktu bersenang-senang mengelilingi Pulau Bali. Kami bahkan menyewa sepeda motor serta bermalam di tempat yang cukup sederhana.





Sepanjang perjalanan, kami menikmati panorama yang amat indah. Selanjutnya di hari ke-6, kami mengalami kejadian menakutkan yang tak akan pernah kami lupakan.





 



Gara-Gara Ceroboh





Ketika saya kuliah di Jogja, aku tinggal di dalam suatu rumah kos sederhana yang beresiko didatangi pencuri. Hingga seluruh penghuni kos tergolong aku takut dan sungguh berhati-hati. Sama halnya dengan rumah kos milikku yang juga riskan sebagai objek pencurian.





 



Akibat Rantai Motor





Ini ialah dongeng ihwal dongeng yang menjengkelkan, berawal dari kecerobohanku sendiri.





Mulanya, aku yaitu orang yang malas mengerjakan banyak hal, termasuk sering menunda pekerjaan. Karena itu, saya sering melupakan hal-hal penting dan menerima akibat dari kebiasaan buruk ku. 





 



Jaka Tarub





Pada zaman dahulu tepat di Desa Pegunungan Wilis, hidup seorang cowok bersama ibunya dengan kondisi yang sungguh sederhana.





Pemuda tersebut bernama Jaka Tarub, yang sejak kecil sudah ditinggal oleh ayah kandungnya sendiri. Sepanjang hidupnya, Ia pun hanya menghabiskan waktu dengan sang ibu sembari mencari makan.





 



Contoh Teks Eksemplum Tentang Pengalaman Pribadi Singkat





Teks eksemplum mengenai pengalaman pribadi




Disini, kita akan menyaksikan pola lain dari teks eksemplum. Tetapi, kali ini tidak akan dipisahkan struktur-strukturnya.





Teks dibawah ini dapat kalian gunakan sebagai wadah berlatih untuk mengidentifikasi dan memisahkan struktur-struktur yang ada dalam suatu teks eksemplum





Kisah Anton





Hiduplah seorang laki-laki bernama Anton, Ia bahagia sekali menghabiskan uang jajan yang dimilikinya. Sayangnya, Ia kerap menghabiskan uang tersebut untuk berbelanja barang yang serupa sekali tidak mempunyai manfaat, sikapnya bahkan mirip anak orang kaya yang serba cukup.





Di usia cukup umur, kebiasaan borosnya kian parah terlebih saat Ia memiliki kekasih. Padahal, kedua orang tuanya telah berulang kali memberi perayaan agar Ia lebih bisa mengendalikan uang yang dimiliki.





Hingga pada satu waktu, bisnis orang tua Anton mengalami kebangkrutan. Bisnisnya tutup dan kondisi keluarganya turun drastis. Keluarga mereka bahkan kian kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kondisi ini diperparah dengan utang yang dimiliki orang tuanya di bank.





Anton turut frustrasi, Ia bahkan tak mampu menghadapi hambatan ekonomi yang dimilikinya sampai sempat berfikir untuk bunuh diri. Terlebih, Ia tak mempunyai simpanan karena hanya sibuk menghabiskan duit yang dimiliki.





Kesimpulan kisah ini yaitu jangan boros sekalipun mempunyai duit berlebih, prioritaskan untuk menabung atau membuka usaha yang mampu memperlihatkan hasil yang bagus di lalu hari.





Itulah pola pembahasan teks eksemplum baik dari pengertian, ciri-ciri, komponen, karakteristik, kaidah kebahasaan hingga contoh yang runut.





Teks ini pada dasarnya konsentrasi kepada pengenalan dan cerita yang dialami si abjad.



Sumber ty.com


EmoticonEmoticon